Kamis, 14 Januari 2016

Mengenal Dan Bekerja Dengan Opera


mengenal opera Image result for browser opera

A. MENGENAL OPERA

Sebelum kita membahas mengenai opera lebih lanjut,ada baiknya kita mengetahui sejarah munculnya opera. Sekitar tahun 1992,jon Stephenson von tetzchner dan geir ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup tersebut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture),yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen,gambar dan lainnya.
Grup ini juga mendirikan server internet pertama di Norwegiadan homepage di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu mosaic mempunyai struktur yang biasa – biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat browsing. Oleh karena itu,grup ini bergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi,mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah web browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995,Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan di situlah perusahaan opera software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian .ditiru oleh browser lainnya. Contohnya,opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil,termasuk loading halaman di background,notes,penggantian skin,session management,dan lain-lain. Selanjutnya opera menjdi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web broser yang ada.
Dewasa ini,pengguna internet diseluruh dunia semakin bertambah dan berkembang secara signifikan setiap tahunnya. Oleh karena itu banyak bermunculan software pendukung surfing di dunia maya. Beberapa software yang popular saat ini seperti Opera 9.6,Mozilla Firefox,Internet Explorer,dan Google Chrome. Dan pada pembahasan kali ini,saya akan membahas tentang Opera 9.6.
Image result for browser opera
Opera adalah salah satu produk browser dari Opera Software yang bermarkas di Oslo,Norwegia. Opera 9.6 merupakan penyempurnaan dari produk opera sebelumnya yaitu Opera 9.5 dan seterusnya. Opera 9.6 adalah penjelajah web dan paket perangkat antarplatform yang terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk penjelajah internet seperti penjelajah web,serta perangkat lunak untuk mengirim dan menerima surat elektronik (Email).
Opera adalah salah satu aplikasi browser yang banyak dipakai pengguna internet saat ini. Ada sekitar 1,41 % dari total pengguna internet di seluruh dunia. Hal ini karena kemudahan pengoperasiannya (user friendly) serta tersedia secara gratis. Saingan terberat opera saat ini adalah Mozilla Firefox. Serta software buatan Google yaitu Google chrome.
Selain dalam bentuk browser web, opera browser juga tersedia untuk pengguna handphone baik untuk versi java,symbian,pda,blackberry,maupun yang beroperasi di windows mobile. Versi terbaru dari opera mobile ini adalh opera 4.2.
Berbicara tentang opera mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat terutama bagi para pengguna internet baik mobile maupun web / pc. Opera 9.6 merupakan versi terbaru yang diluncurkan oleh opera software pada tanggal 8 Oktober 2008. Kini opera 9.6 banyak dipakai oleh para pengguna internet. Opera 9.6 dapat diunduh gratis melalui situs resminya di www.opera.com.
Opera 9.6 mengantarkan pada kinerja lebih tinggi,beberapa fitur baru dan perbaikan dari versi sebelumnya yang membuat beberapa pihak berpendapat kalau oper masih layak bersaing sebagai vendor/penyedia browser web software. Versi mutakhir ini mengemas kemampuanlebih,memberikan fitur – fitur yang didukung oleh aplikasi pihak ketiga pada kebanyakan browser lain.
Masyarakat Indonesia kini dapat merasakan browser dektop opera versi bahasa Indonesia untuk pertama kalinya dengan hadirnya opera 9.6 yang telah mendukung browser dalam bahasa Indonesia. Berbagai fitur terbaru pun disematkan pada opera 9.6 serta fitur yang telah disempurnakan dari versi sebelumnya.
Walaupun pertumbuhan pengguna opera baru 10 % dari keseluruhan pengakses internet,Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang sangat besar dan potensial bagi opera. Penggunaan opera di Indonesia menyebar dengan sangat cepat,yakni dua kali lipat dari tahun ke tahun. “Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi opera baik untuk desktop maupun ponsel. Kami berkomitmen untuk membuat masyarakat Indonesia lebih mudah dalam berselancar di dunia maya dan oleh karena itu kami menyesuaikan produk kami dengankebutuhan mereka”ujar Jon Von Tetzchner,CEO dari opera software dalam surat elektroniknya kepada detikNET.
Saat ini lanjut jon,Indonesia memiliki sekitar 25 juta pengguna internet yang menggunakan pc,dan ia mengharapkan angka ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan infrastrukturnya. Masyarakat Indonesia sebelumnya telah mencicipi kemampuan dari opera mini,browser web opera yang dapat digunakan pada hampir semua ponsel. Bahkan, Indonesia merupakan pengguna opera mini terbesar kedua di dunia,dengan pertumbuhan mencapai dua kali lipat di setiap tiga bulannya.
Berdasarkan dari ulasan di atas,hal itu yang membuat pihak opera software menjadikan opera 9.6 benar – benar user friendly dengan berbagai kemampuan dan keunggulan yang dimiliki.fitur baru pun disematkan agar membuat pemakai opera 9.6 semakin merasa nyaman dalam berkelana di dunia maya.
Selain dari opera web yang telah dijelaskan di atas,opera software juga mengeluarkan produk opera mini dan opera mobile. Opera mini adalah sebuah aplikasi browser yang ditujukan untuk pengguna handphone. Saat ini,pengguna opera mini di seluruh dunia telah mencapai 20 juta pengguna dan merupakan pengguna browser terbanyak di dunia. Mengapa banyak orang memilih memakai browser opera mini di hanphone mereka? Hal ini karena kecepatan browser yang cepat dan berbagai fitur yang mendukung.
Beberapa keunggulan dari opera mini adalah :
1. Opera mini memiliki sebuah fitur untuk mensinkronisasikan antara pengguna opera di handphone dengan pengguna opera di pc/komputer. Sehingga memudahkan dalam mentransfer file dari hp ke pc ataupun sebaliknya. Atau antara sesame pengguna hp yang memiliki opera mini.
2. Anda dapat menyimpan situs favorit anda melalui fitur speed dial yang dapat menyimpan 9 situs favorit anda. Sehingga hanya dengan sekali klik,anda sudah bisa membuka halaman situs.
3. Untuk versi terbaru opera mini yaitu oper mini 4.2,abda dapat mengubah skin/tampilan dari opera mini. Tersediapilihan warna merah,kuning,abu-abu,hitam,silver dan warna merah jambu atau pink.
4. Disbanding dari versi sebelumnya,opera mini 4.2 memiliki kecepatan browsing halaman hingga 50% lebih cepat dari opera mini 4.1 dan aplikasi browser handphone yang lainnya seperti UCWEB,NETFRONT,TEA SHARK,dan lain-lain. Hal ini dikarenakan,opera mini mengkompres file pada situs yang dikunjungi sehingga mempercepat proses loading halaman. Baik untuk tampilan komputer (WWW) maupun untuk browser hp (WAP).
5. Opera mini memungkinkan anda menyimpan halaman sebuah situs yang anda kunjungi dan mengupload file foto,video,ke dalam blog,Friendster,maupun di facebook yang anda miliki. Namun,handphone harus mendukung JSR-75 (seperti nokia 3110c,nokia 6300). Sedangkan hp yang bersistem symbian (seperti nokia 7610,nokia 3230) belum dapat menggunakan fitur ini. Dengan fitur ini anda juga dapat mengakses halaman yang telah anda simpan tadi secara offline,sehingga menghemat biaya.
6. Selain itu,anda juga dapat menyimpan bookmark halaman agar tetap dapat diakses di lain waktu.
7. Opera mini juga menyediakan fasilitas penambahan search engine (mesin pencari) alternatife yang belum disediakan oleh opera mini.
8. Opera mini menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna. Seperti menampilkan gambar dengan kualitas rendah,sedang,tinggi atau tidak menampilkan gambar agar proses loading halaman lebih cepat. Serta diberi pilihan untuk mengubah ukuran font menjadi kecil,sedang,besar,dan ekstra besar.
9. Anda juga dapat menampilkan halaman situs dalam bentuk komputer atau dalam bentuk tampilan ponsel. Juga dalam bentuk mode landscape,menampilkan jam,dan member pilihan koneksi ke internet dengan menggunakan socket atau http.
10. Anda juga dapat menghapus cache agar menghapus riwayat sambungan ke situs yang menampilkan data-data rahasia anda. Seperti data pribadi anda di facebook.
11. Opera mini juga akan menampilkan riwayat situs yang telah anda kunjungi. Jadi jika anda lupa situs yang terakhir anda kunjungi,maka anda dapat mencari di daftar riwayat.
12. Opera mini juga memiliki tombol gulir jalan pintas. 2 untuk naik,4 untuk ke kiri,6 untuk ke arah kanan,8 untuk ke arah bawah dan 5 untuk zoom. Serta terdapat piliha pintas dengan menekan tombol * atau tombol #.
Yang kedua adalah opera mobile. Opera mobile mempunyai fitur yang hampir sama dengan opera mini. Hanya saja,opera mobile diperuntukkan untuk ponsel yang memiliki sistem operasi yang lebih canggih(smart phone) daripada ponsel berflatform java. Seperti beroperasi symbian,pda phone,maupun ponsel dengan sistem operasi khusus seperti blackberry dan iphone.                                                                            Sumber:http://erick-secret.blogspot.co.id/2009/03/mengenal-opera.html

1 komentar: